Jumat, 26 November 2010

FPMIPA UPI "Kampus Tercinta"



Gedung JICA dari arah selatan (Pintu Masuk)

FPMIPA (Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) UPI merupakan salah satu kampus bergengsi di Bandung yang menghasilkan berbagai lulusan unggulan yang bisa bersaing di dunia kerja dan pendidikan. Gedung FPMIPA UPI merupakan hibah dari Jepang, oleh karena itu gedung ini biasa dikenal dengan sebutan gedung JICA.

(Gedung JICA dulu, sebelum penanaman pohon)
Pada Fakultas ini, terdapat 5 jurusan yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Matematika, Fisika dan Komputer. Setiap jurusan dibagi lagi menjadi 2 Program Studi yaitu Pendidikan dan Non-Pendidikan (non-dik). Namun, saat ini jurusan komputer sudah memiliki gedung sendiri dan keberadaannya di gedung JICA digantikan oleh jurusan baru yaitu IPSE. Jurusan IPSE merupakan penjurusan internasional yang baru dirintis di MIPA.
(Bagian Tengah gedung JICA)

Gedung JICA terdiri atas 5 tingkat bangunan. Bagian selatan merupakan pintu utama dari gedung JICA. Selain itu, di lantai atasnya terdiri atas ruangan para dosen dan pejabat kampus serta beberapa ruangan kelas yang biasa digunakan oleh semua mahasiswa. Bagian barat terdiri atas cafetaria upi di lantai 1, auditorium yang sering digunakan sebagai tempat seminar nasional dan internasional di lantai 2-3, dan 4-5 merupakan ruangan pengontrolan. Di bagian utara, lantai 1-2 merupakan deretan Laboratorium Biologi dan ruangan dosen. Tingkat 3-4 merupakan laboratorium Fisika dan tingkat 5 merupakan ruangan Laboratorium Kimia. Di bagian Timur, di lantai 1 terdapat musholla, perpustakaan, dan beberapa ruangan dosen matematika, di lantai 2-3 merupakan ruangan perkuliahan dan ruangan dosen tertentu. sedangkan di Lantai 4 adalah ruangan besar yang biasa digunakan untuk perkuliahan umum seperti mata kuliah Kimia umum, Fisika umum, Biologi umum dan Matematika dasar.
Kampus JICA merupakan gedung yang diadaptasi dari bangunan-bangunan Jepang. Baik dari bahan-bahan yang digunakan serta bentuk yang unik. Hal inilah yang membedakan gedung JICA dengan gedung-gedung fakultas lain di Universitas Pendidikan Indonesia. Prestasi yang dihasilkan para mahasiswa di FPMIPA UPI juga tidak kalah dengan beberapa kampus bergengsi lainnya di Bandung. Maka tidak aneh, jika gedung ini beserta para mahasiswanya yang pintar sangat populer di kalangan mahasiswa dan dosen se-UPI.
Saya merupakan mahasiswi jurusan Pendidikan Biologi tingkat akhir yang sedang disibukkan dengan berbagai rutinitas kuliah yang semakin padat dan tugas plus-plus, dan saya bangga bisa kuliah dan menimba ilmu di gedung ini. Thanks God..

3 komentar: