Senin, 05 Agustus 2013

Dua bulan sudah berlalu, yeah Aku MT 28 di Alfamart!

perjalanannya cukup panjang..
dari perusahaan yang satu ke perusahaan yg lain,
dari jobfair yang paling bergengsi sampai yang biasa saja..
dari yg pake high heels n blazer sampai hanya pake kaos n sendal crocs..
dari wawancara satu ke wawancara yg lain..
dan sangat bersyukur pernah sampai  tahap psikotest di sebuah bank bergengsi...

tapi yasudahlah, ini terkait dengan jodoh..
iya, percaya atau tidak, mencari pekerjaan itu erat kaitannya dengan satu kata ajaib ini

sempat terlintas kata frustasi, down,
pengangguran itu sungguh-sungguh mudah membuatku berpikiran pendek

yang harus diutamakan, jangan pernah ada kata akhir apalagi menyerah
terus berusaha, berjuang, mencari dan terus mencari yang namanya pekerjaan
tidak mudah memang,
n suatu hari yg indah, aku datang ke jobfair UNJ (aku berjanji ini adalah jobfair terakhirku, aku akan balik ke lombok *ngancam haha)
mencoba memasukkan lamaranku yang ku buat semalam ke stand-stand yang ada.
dan salah satunya menyempatkan mampir di stand yang penjaganya cukup menarik perhatian *ganteng
awalnya aku ditanya mengenai pendidikan terakhir dan dia langsung menawarkan untuk mencoba lamaran posisi MT.
Otakku masih belum mencerna dengan baik apa itu MT.. dan kata-kata itu memang benar2 asing, karena beberapa kali aku memutar otak untuk mengingat2 kembali apa aku pernah mendengar kata-kata itu, tapi memang, otakku memang masih dangkal tentang posisi2 di kerjaan *kecuali guru
sempat dijelaskan sekilas bahwa MT itu adalah training untuk posisi managerial di kantor, yah.. aku sih taunya MT itu Management Trainee, itu pun baca dari brosur yang diberikan.
walaupun aku belum tahu tentang MT itu secara mendalam, tanpa berfikir panjang aku langsung memasukkan lamaranku dan mendapat undangan psikotest di gedung sertifikasi UNJ.

di benakku saat itu hanya segera mendapatkan pekerjaan apapun itu, yang penting halal.

Samar-samar, aku mendengar suara ku dipanggil dari mikrofon panitia.
ku perjelas, apakah itu benar yang di panggil aku atau hanya sekedar halusinasi.
dan memang itu aku!
kalian tahu kenapa, karena aku termasuk ke dalam 20 orang pertama yang datang ke jobfair ini.
hahaha.
Ternyata ada acara seminar dari karir.com untuk menjelaskan tentang mencari lowongan pekerjaan yang baik dan trik supaya cepat mendapatkan panggilan dari perusahaan yang diinginkan.
acaranya lumayan seru , dan bisa menjadi referensi serta dapet temen baru, hehe.
di akhir, aku mendapatkan beberapa stiker dan buku dari karir.com karena berpartisipasi untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diajukan, yeay senangnya...

Oke, kita kembali ke topiik awal.
Di tahap seleksi awal, aku datang psikotest alfamart agak telat karena lama mencari gedung yang dimaksud *maklum bukan anak UNJ
Ternyata, di seleksi ini cukup banyak yang berminat untuk posisi MT
psikotestnya juga cukup banyak, tapi inti pada saat menjawab soal psikotest adalah kita harus memahami lebih dahulu bahwa semua perusahaan baik yang swasta maupun negeri itu..
menginginkan karyawan yang pastinya rajin, memiliki target, bekerja secara rutin/stabil, bisa diatur dan pastinya profesional.
Jadi pada saat menjawab psikotest, buat kalian yang masih terbawa-bawa dengan sifat kalian pada saat masih menjadi mahasiswa (semau gue), aku yakin 100% kalian tidak akan diterima di perusahaan mana pun.
trik : gak apa-apa lah rada boong dikit, setelah bekerja aku yakin kalian pasti berubah kok.

Hasil nya langsung diumumkan saat itu juga, dan Alhamdulillah aku bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu tahap discussion group.
Di tahap ini, kami dibagi menjadi dua group dengan jumlah masing-masing enam orang.
kami diberikan suatu permasalahan, misalnya waktu itu kelompokku ditugaskan untuk melacak keberadaan teroris di kutub utara, kira-kira alat dan bahan apa saja yang akan kami bawa dan gunakan ke kutub utara?
Trik : Intinya sih kita harus menonjol yaitu memberikan pendapat dan berusaha menjadi leader buat kelompok (insyaAllah lolos).
Dan alhamdulillah juga aku Lolos :) senang nya!
Aku bisa pulang dengan bahagia hari ini, tinggal menunggu esok buat wawancara HRD.
Nah ini nih yang aku masih bingung saat itu, masih belum tau trik buat menaklukkan hati penguji.

------------------------------------------------------------------------------------------
Dan hari itu pun datang juga...
hari yang aku tunggu, hari yang cukup menegangkan dan mendebarkan.
Hari aku wawancara kerja di alfamart, hari yang bertepatan dengan test di hypermart juga..hehe
pada saat masuk ke ruangan, aku mencoba membiasakan diri dan menyapa pewawancara dengan ramah.
aku memperkenalkan diri, nama usia alumni, tahun kelulusan etc.......
tanya jawab ala kadarnya, aku mencoba berusaha memonopoli pembicaraan. menceritakan pengalaman dari yang menyakitkan (gagal dapet kerja) sampai yg menyenangkan (apa ya? aku lupa haha)
aku bingung, karena belum tahu trik apa yang harus aku gunakan..
tapi di akhir test, aku baru bisa menyimpulkan bahwa semakin lama kamu di dalam ruangan maka pewawancara semakin tertarik untuk merekrut mu, TRUST ME!
dan hal sangat cukup mengecewakan buatku adalah, aku di dalam ruangan hanya lima menit! :( its sucks...

"pengumuman kelulusannya ditunggu sampai 2 minggu atau maksimal satu bulan" 
-------------------------------------------------------------------------------------------
daaaaaan...
taraaaaaaa!!!!!
beberapa hari kemudian... aku di hubungi kembali untuk melanjutkan tahap selanjutnya yaituuuuu...
WAWANCARA dengan USER, YES!
kami hanya berempat dari jobfair UNJ, dua laki-laki dan dua perempuan (aku dan nurul)
aku mencoba menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari angkot yang akan aku gunakan sampai alamat jelasnya.
Ini adalah hari pertama kali aku ke bogor dari daerah jakarta.
ternyata ini perjalanan yang menyenangkan menggunakan elf 56 dari cawang ke cileungsi.
walaupun cukup jauh,, biayanya hanya 5rb rupiah (sekarang imbas kenaikan bbm menjadi 6rb rupiah), murah meriah kan?
setelah turun di perempatan cileungsi, aku bertanya arah ke polisi yang sedang berjaga untuk melanjutkan perjalanan ke daerah kawasan industri ke kantor pusat alfamart.
Dari perempatan, aku naik angkot yang berwarna biru yaitu 46 kemudian turun di daerah kawasan industri.
Berhubung di angkotnya ada anak alfa juga yang mau ke kantor ambil ijazah (resign), maka aku mencoba berjalan kaki mengikuti mereka menuju kantor pusat alfa (biasanya naek ojek dari kawasan ke kantor alfa, bayar hanya 3rb rupiah, sekarang 4 rb).
dan ternyata, apabila jalan kaki jarak yang ditempuh cukup jauh.

Sesampai disana, aku langsung naik ke lantai dua (karena temen-teman dari UNJ sudah datang duluan dan mereka disuruh menunggu di lantai dua).
sambil menunggu giliran panggilan, kami bercanda tertawa bersama untuk mencairkan suasana yang cukup tegang.
sebelum aku masuk, ada dua teman yang cukup beruntung karena mereka sudah diterima langsung dan sudah mengetahui pengumuman itu.
tibalah saarnya giliranku....
aku mencoba mengatur nafas dan membaca bismillah sebelumnya.
sesampai di dalam, aku kembali memperkenalkan diri lagi dengan user dan disana juga ada ibu farida selaku pewawancara HRD dulu.
aku mencoba menceritakan motivasi ku mencari kerja dan entahlah, keberanian darimana aku menceritakan dan gamblangnya mengenai kehidupan ku saat itu (biasanya pada orang-orang tertentu).
tapi ini lah trik jitu sebenarnya pada saat wawancara yaitu KEJUJURAN.
kejujuran lah yang membuat kita mudah diterima dan dipercaya oleh orang lain,,

DAN SAAT INI, AKU BERANI MENGATAKAN BAHWA AKU adalah MT BATCH 28 ALfamart :)

Semoga sukses buat semuanya, buat yang lagi nyari kerja, semangat jangan mudah menyerah!!!

9 komentar:

  1. mbak nunung salam kenal sebelumnya,ada yg mau sy tanyakan berhubung sy jg lagi mengikuti proses seleksi mt alfamart,yg mau tanya gimana sistem kerjanya/jam kerja? takutnya pihak perusahaan semena2 karena ijasah kita di tahan

    BalasHapus
  2. sudah pernah dijelaskan belum, kalo MT di alfamart satu bulannya training di kelas, satu bulan kemudian on the job training di toko sebagai kasir/pramuniaga, kemudian dua bulan selanjutnya ojt di toko lagi sebagai asistant kepala toko, sistem kerjanya kalo di kantor Sabtu Minggu libur, jam kerja dari jam 8-5 sore. Kalo di toko, sistem kerjanya 6 1 (6 hari masuk 1 hari libur), jam kerja nya per shift(shift 1 dari jam 06.30-16.00) kalo shift dua dari jam 02.30-22.00

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi mbak numpang tanya, untuk MT ada persyaratan tinggi minimal apa enggak?
      trims..

      Hapus
  3. aku udah diterima MT Alfamart, tapi belum tanda tangan kontrak...
    dikabarin nya Januari 2014...
    saya bingung kalau pengumuman itu dateng, soalnya saya sendiri sedang menunggu pengumuman medical check up ODP Mandiri...

    yang saya bingungkan, kalau misalnya pengumuman tanda tangan kontrak MT Alfamart datang duluan, apakah saya lepas atau terima..
    saya butuh pertimbangan masalah gaji dan "kecerahan" kerja jadi MT Alfamart...
    mohon pencerahaan nya sis... :D

    regards/

    BalasHapus
  4. mba gaji nya berapa ya kalo boleh tau,
    dari awal sampai sekarang?
    soalnya saya jg dapat tawaran tes jd MT

    BalasHapus
  5. info tentang benefit klo gabung sebagai mt alfamart dong mba...

    BalasHapus
  6. Makasih banyak ka nunung untuk infonya yg sangat berguna.. karna januari tgl 5 ini saya dipanggil untuk mengikuti test MT PT SAT untuk wilayah banten.. semoga diterima.. amin.. nanti kalo saya ada pertanyaan mohon dibantu ya ka nunung..

    BalasHapus
  7. Mau nanya kakak. Ini ada tugas sekolah. Berpa jumlah karyawan alfamart setiap toko trus stuktur organisasinya kayak gmna? Mungkin bisa membantu saya

    BalasHapus
  8. Mau nanya kakak. Ini ada tugas sekolah. Berpa jumlah karyawan alfamart setiap toko trus stuktur organisasinya kayak gmna? Mungkin bisa membantu saya

    BalasHapus